Daftar Komunitas Cyber Security di Indonesia

Kalau kita membahas seputar cyber security pasti selalu identik dengan kata hacking. Nah belajar hacking atau bidang cyber security ini agak susah-susah gampang, ilmunya tidak diekspos segamblang ilmu programming, dan penggemar hingga pemain di bidangnya masih tergolong sedikit. Untuk hal itu maka diperlukan peran komunitas untuk menggali ilmu ilmu yang bisa dibilang terpendam di dalam gua. Nah di topik kali ini penulis akan membahas daftar komunitas cyber security di Indonesia dan contoh komunitasnya seperti apa saja.

Artikel ini juga membahas beberapa komunitas yang penulis tahu, mulai dari daftar komunitas kecil hingga daftar komunitas besar cyber security. Apa yang penulis sebutkan di artikel ini hanya sebagian kecil dari contoh komunitas yang sudah ada saat ini.

1. Pentesting Indonesia

Komunitas ini merupakan komunitas yang membahas keamanan siber khususnya membahas offensive security (penetration testing). Komunitas ini merupakan komunitas yang dibentuk dan berkesatuan dengan Kamar Kamsib. Penulis rasa komunitas ini cocok untuk teman-teman yang ingin belajar seputar penetration testing secara general. Join Pentesting Indonesia!

2. Orang Siber Indonesia

Sebuah perkumpulan berfokus pada peningkatan kesadaran terhadap dunia siber melalui
komunitas, media informasi dan platform edukasi. Bahkan Orang Siber Indonesia sendiri merupakan sebuah wadah untuk belajar dan berbagi pengetahuan tentang dunia siber. Tak hanya cyber security OSI (Orang Siber Indonesia), juga membahas topik IT secara general seperti programming, linux, jaringan, dll. Join OSI!

3. OSINT ID

OSINT ID merupakan salah satu contoh dari sekian banyak daftar komunitas cyber security yang memiliki fokus spesifik mengarah ke Open Source Intellegence. Pada komunitas ini dibahas beberapa tips dan trik melacak lokasi dengan menggunakan kemampuan intellegence, hingga mencari informasi dengan memanfaatkan sebuah dari hanya sebuah clue sederhana.

4. Anon Cyber Team

Anon Cyber Team tempat berkumpulnya para penggiat dunia cyber yang terbentuk tahun 2015 tepatnya tanggal 21 Januari. ACT sendiri saat ini sudah bertransformasi komunitas IT Security yang membahas tentang Exploit , Web Developer , Network Infrasturktur , dan memberikan awareness akan kejahatan-kejahatan dalam dunia internet. Visinya berupaya untuk membuka mata masyarakat awam tentang pentingnya keamanan dalam menggunakan internet di era modern ini. Sedangkan misinya adalah membuka kesempatan bagi masyarakat awam dalam mengenali dunia cyber dan membuka ruang belajar untuk masyarakaat awam tentang dunia cyber.

5. IndoXploit

IndoXploit sendiri adalah komunitas yang aktif membahas hal-hal yang berkaitan dengan dunia IT. Dan komunitas ini merupakan salah satu komunitas cyber security terbesar pada masanya. Dan beberapa kali IndoXploit sering membagikan tools-tools berguna di cyber security dalam githubnya.

Contoh Daftar Komunitas Cyber Security di Indonesia

6. IndoSec

IndoSec sendiri merupakan komunitas yang berfokus pada Teknologi di Indonesia, Dari Membuat, Mengamankan, dan Mengeksploitasi Sebuah Sistem. Bahkan komunitas ini merupakan komunitas yang mewadahi berbagai latar belakang, membahas tentang web development, web security, dan bidang lain di dunia IT.

7. Hack The Box Indonesia

Hack The Box sendiri merupakan salah satu platform belajar dan mengasah kemampuan cyber security khususnya dibidang penetration testing atau offensive security. Lalu Hack The Box Indonesia hadir dan berdiri sebagai komunitas yang berlatar belakang sebagai para pemain hebat dan cukup aktif di platform Hack The Box. Join HTB ID!

8. Arisan SEcurity

Merupakan wadah untuk berbicara seputar Information Technology, terkhusus pada bidang IT Security. A-SEC terbuka bagi seluruh elemen masyarakat. Kalian juga bisa belajar cyber security di komunitas ini melalui diskusi-diskusi interaktif dan menarik. Beberapa kali komunitas ini sudah melakukan webinar khususnya topik cyber security awareness. Join A-SEc!

Baca Juga:
1. Jenis-Jenis Serangan Siber yang Umum Dijumpai
2. Sebuah Jawaban Apa Itu Blue Team
3. Sekolah Kejuruan, LKS, dan Cyber Security

9. Cyber Defense Indonesia

Cyber ​​Defense Indonesia adalah komunitas yang fokus pada Cyber ​​Security Incident Detection & Response, Threat Hunting, Security Hardening, Security Monitoring, Digital Forensics, Security Awareness, Security Policy, Security Leadership, dll. Komunitas ini sangat cocok dan suitable bagi kamu yang menyukai blue team dan hal-hal yang berbau defensive security. CDEF sendiri memiliki beberapa agenda, seperti diskusi, buletin, meetup & gathering, dan podcast.

Berikut ini beberapa contoh dan daftar komunitas di bidang cyber security. Jangan lupa mampir ke blog pribadi penulis di Cyber Technology Space ( https://cybertechnologyspace.blogspot.com atau https://www.cybertechnologyspace.my.id ) yang membahas seputar IT dan keamanan siber.

Leave a Reply