Sekolah Kejuruan, LKS, dan Cyber Security

Ketika kita membuka KBBI dan mencari kata “kejuruan“, maka arti yang keluar adalah kepandaian khusus (pertukangan dan sebagainya); keterampilan. Kata ini sering kita dengar berhubungan dengan sekolah yang ada di negeri ini. Bahkan mungkin saja Anda yang sedang membaca artikel ini juga merupakan bagian dari sekolah SMK tercinta.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Puspresnas mengadakan lomba tahunan untuk siswa SMK. Lomba Kompetensi Siswa (LKS) adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia. Peserta akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional.

Mari kita intip salah salah satu tempat penyelenggaraan LKS Tingkat Provinsi yang ada di Jawa Timur. Dikutip dari lama Diskominfo Jatimprov, LKS SMK tingkat Provinsi di Jawa Timur akan berlangsung pada tanggal 23-26 Mei 2023 di Jember. Perlombaan ini diikuti 1.659 peserta dari 1.518 SMK negeri dan swasta di Jawa Timur.

Cabang Lomba LKS

Lomba Kompetensi Siswa diadakan setiap tahunnya. Berbagai macam jenis ilmu dilombakan dalam LKS, seperti CNC Milling, Production Machine, Electrical Installation, Bricklaying, Joinery, Plumbing and Heating, Web Design, Animation, Telecommunication Distribution Technology, Electronic Application, dan lainnya. Termasuk juga salah satunya adalah Cyber Security atau Keamanan Siber.

Sampul Deskripsi Teknis LKS Bidang Lomba Teknologi Keamanan Siber

Lomba Cyber Security berfokus pada aspek operasional pengelolaan, dan perlindungan layanan dan infrastruktur sistem informasi. Para peserta akan mendapatkan kesempatan untuk membangun hubungan dengan para profesional industri Teknologi Informasi. Perlombaan ini menyediakan kesempatan bagi para profesional dan peserta untuk saling berinteraksi dan membahas berbagai tantangan keamanan dan operasional.

Seorang Analis Keamanan Informasi bekerja untuk melindungi jaringan sistem komputer organisasi. Analis Keamanan Informasi juga bekerja untuk mencegah peretas mengakses dan/atau mencuri informasi dan data sensitif. Pekerjaan seorang Analis Keamanan Informasi biasanya melibatkan pemasangan firewall dan perangkat lunak enkripsi data untuk melindungi informasi rahasia. Mereka juga memonitor jaringan organisasi mereka untuk mengawasi insiden keamanan dan menyelidiki insiden ketika terjadi. Analis Keamanan Informasi juga dapat melakukan pengujian penetrasi. Uji penetrasi ini yakni ketika mereka mensimulasikan serangan untuk mencari kerentanan di jaringan mereka sebelum dapat dieksploitasi.

Bidang Lomba Teknologi Keamanan Siber

Analis Keamanan Informasi sering terlibat dalam merancang dan melaksanakan rencana disaster recovery pada organisasi mereka. Rencana tersebut menjelaskan langkah-langkah dan prosedur untuk memulihkan sistem dan jaringan TI organisasi setelah bencana atau serangan. Rencana biasanya mencakup langkah-langkah pencegahan seperti pencadangan rutin dan transfer data ke lokasi di luar lokasi.

Perlombaan dilakukan sebagai lomba tim dengan jumlah peserta 2 orang untuk setiap tim. Umur peserta pada tahun lomba tidak melewati 25 tahun. Spesifikasi Kompetensi adalah rumusan target kompetensi yang akan dilombakan. Target kompetensi dirumuskan berdasarkan situasi dunia kerja atau industri dengan tetap memperhatikan kurikulum SMK. Berikut spesifikasi kompetensi LKS-SMK:

  • Capture The Flag Jeopardy Penyisihan
  • CyberSecurity Incident Response, Digital Forensic Investigation and Application security
  • Capture the Flag – Attack
  • Capture the Flag – Defense & Infrastructure Setup and Security Hardening

Kisi Kisi Cyber Security LKSN 2021 

Berikut ini kisi-kisi soal LKSN tahun 2021 di bidang Cyber Security. Dalam kisi-kisi yang telah disusun, fokus perlombaan ada pada pemahaman pengamanan infrastruktur TI, insiden respon, dan forensik digital.

1. Infrastructure Setup and Security Hardening 

  1. Logon and Password Policies 
  2. Network Equipment Handling 
  3. Public Services Protection 
  4. Events Monitoring 
  5. Firewall Policies 

2. CyberSecurity Incident Response, Digital Forensics Investigation and Application Security 

  1. Incident Response Work Task Server, Web Server 
  2. Incident Response Work Task Server, File Server 
  3. Vulnerability Detection and Repair, Web Server 
  4. Vulnerability Detection and Repair, File Server 
  5. Digital Forensic, Linux Server 
  6. Digital Forensic, Win Img, Memory Dump 
  7. Digital Forensic, Network analysis (network pcap) 
  8. Digital Forensic, system img 
  9. Code Review 

3. Capture the Flag/Attack 

  1. Enumeration 
  2. Web Based Attack 
  3. Database Attack 
  4. Windows Attack 
  5. Root Access 
  6. Cryptography 
  7. Steganography 

4. Capture the Flag/Defence 

  1. Reconnaisance and Application detection 
  2. Malicious URL 
  3. Exploits 
  4. Botnet 
  5. Data leak 
  6. Reverse Engineering 

Leave a Reply