Menilik Pencarian Terpopuler di IEEE Xplore

IEEE Xplore adalah perpustakaan digital yang menyediakan akses ke konten ilmiah dan teknis yang diterbitkan oleh IEEE dan mitra penerbit. Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) organisasi profesional yang berbasis di Amerika Serikat dan didirikan pada tahun 1963. Organisasi ini mengkhususkan diri dalam bidang teknologi dan ilmu komputer. Terdiri dari para ahli, insinyur, ilmuwan, dan profesional teknis lainnya dari seluruh dunia. IEEE Xplore menampung lebih dari empat juta dokumen penelitian, termasuk jurnal, konferensi, standar, dan buku.

Platform ini dirancang untuk membantu para peneliti, insinyur, dan profesional teknis dalam menemukan dan menggunakan informasi terbaru di bidang teknologi dan ilmu komputer. IEEE terus mengembangkan dan menambahkan lebih banyak konten, fitur, dan fungsionalitas untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Top Searches and Matching Documents di IEEE Xplore

Pencarian Terpopuler di IEEE Xplore

Berdasarkan statistik yang ditampilkan oleh IEEE, Image Processing menjadi topik paling banyak dicari di Xplore. Per artikel ini dibuat, ada 462.501 hasil pencarian dan pencocokan terhadap dokumen dengan topik Image Processing. Selanjutnya diikuti oleh Artificial Intelligence, Machine Learning, Deep Learning, dan Cloud Computing.

Dari urutan 5 (lima) besar tersebut, kita bisa melihat bahwa topik terpopuler yang dicari adalah mengenai AI. Ada apa dengan tren AI tersebut?

Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence adalah cabang dari ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan algoritma dan sistem komputer. AI dapat melakukan tugas yang memerlukan kecerdasan manusia, seperti pengenalan suara dan gambar, pemrosesan bahasa alami, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah. AI melibatkan pengembangan dan penerapan teknik seperti machine learning, deep learning, dan neural networks.

Contoh yang sedang populer dibicarakan adalah ChatGPT. ChatGPT adalah kecerdasan buatan yang dibangun berdasarkan teknologi GPT (Generative Pre-trained Transformer) dari OpenAI. Didesain untuk memproses dan menghasilkan bahasa alami dengan cara yang serupa dengan manusia, serta dapat mempelajari pola dan informasi dari data yang diberikan.

Lantas, Image Processing itu apa?

Leave a Reply